Kamis, 02 Desember 2010

Posting Perdana

ini merupakan blogging perdana saya, sy ingin berbagi berbagai hal melalui blogger ini. Thanks

2 komentar:

Danny Tonu mengatakan...

Ku Yakin Sampai Disana.............!

Danny Tonu mengatakan...

TUJUAN PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Sistem informasi akuntansi memegang peranan penting dalam menyediakan informasi bagi manajemen. Kemajuan dalam bidang teknologi apabila dapat di manfaatkan dengan baik oleh pihak manajemen akan memberikan manfaat terutama dalam memperoleh keunggulan dalam persaingan. System informasi akuntansi merupakan alat-alat untuk menjalankan suatu pengendalian yang dengan sendirinya antara bagian satu dengan bagian lain akan saling mengontrol. Sistem Informasi akuntansi merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu sistem informasi perusahaan.

Dalam membuat suatu informasi akuntansi, tidak lepas dari penyusunan sistem informasi akuntansi itu sendiri, agar dapat diterima dan mudah dipahami oleh orang yang akan menerima informasi akuntansi yang telah dibuat. Adapun tujuan dari penyusunan sistem informasi akuntansi yang akan dijabarkan sebagai berikut :


Tujuan utama dari akuntansi keuangan menurut Jogianto (1997: 54), adalah untuk menyediakan suatu informasi yang relevan terhadap pihak-pihak luar seperti pemegang saham, kreditur, maupun pihak pemerintah. Hal ini tercapai dengan menerbitkan laporan-laporan periodik, seperti neraca, laporan laba/rugi, laporan laba yang ditahan dan laporan perubahan modal. Disamping itu tujuan utama dari akuntansi keuangan adalah menyediakan informasi bagi pihak intern perusahaan yaitu pihak manajemen sehingga dapat menggunakan laporan keuangan untuk dasar pengambilan keputusan.

Sementara tujuan umum penyusunan sistem informasi akuntansi adalah sebagai berikut:

1. Untuk memperbaiki informasi yang diberikan oleh sistem dalam kualitas, ketepatan waktu atau struktur dari informasi tersebut.

2. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern, yang berarti memperbaiki daya andal informasi akuntansi dan menyediakan catatan yang lengkap sebagai pertanggungjawaban dalam melindungi harta perusahaan.

3. Untuk menurunkan biaya dalam menyelenggarakan catatan akuntansi.

Dari ketiga tujuan tersebut harus dipertimbangkan pada waktu penyusunan suatu sistem informasi akuntansi, sehingga dapat diharapkan tidak ada salah satu tujuan yang terlewatkan.
Danny Tonu